Profile Ormawa Unwidha

29/11/2020 | By | Reply More

Organisasi mahasiswa (Ormawa) Universitas Widya Dharma Klaten meliputi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM-U), di tingkat Fakultas ada Badan Ekesekutif Mahasiswa Fakultas (BEM-F), sedangkan di tingkat jurusan/prodi terdapat Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP). Organisasi ini secara struktural berjenjang menurut garis komando/instruksional. BEM-U adalah lembaga eksekutif tertinggi di tingkat universitas yang menjalankan roda pemerintahan mahasiswa. Sementara itu, untuk mewadahi minat, bakat, dan pembinaan prestasi mahasiswa, terdapat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di tingkat universitas

Pembinaan bidang Ormawa dimaksudkan untuk menyalurkan, mengembangkan dan mengarahkan Ormawa di tingkat universitas yakni BEM-U, tingkat fakultas yakni BEM-F, maupun tingkat jurusan yakni HMP. Pembinaan dilakukan melalui pembimbingan, pendampingan, dan penyediaan dana serta sarana prasarana yang diperlukan. Kelengkapan tersebut disediakan kantor sekretariat Ormawa dan UKM tingkat universitas yang terpadu dan representatif, dengan menempati Gedung dan Paviliun untuk masing-masing unit ormawa. Dengan demikian diharapkan koordinasi terhadap kegiatan-kegiatan Ormawa dan UKM tingkat universitas akan menjadi lebih baik.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah lembaga kemahasiswaan tempat berhimpunnya para mahasiswa yang memiliki kesamaan minat, kegemaran, kreativitas, dan orientasi aktivitas penyaluran kegiatan ekstrakulikuler didalam kampus. UKM merupakan organisasi kemahasiswaan yang mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, dan mengembangkan kegiatan ekstrakulikuler kemahasiswaan yang bersifat penalaran, minat dan kegemaran, kesejahteraan, dan minat khusus sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya. Kedudukan lembaga ini berada pada wilayah universitas yang secara aktif mengembangkan sistem pengelolaan organisasi secara mandiri.

UKM Unwidha Klaten dikelompokkan dalam empat bidang, yaitu Bidang Penalaran, Bidang Olah Raga, Bidang Seni, dan Bidang Kesejahteraan/Khusus. Bidang Penalaran berkonsentrasi pada pengembangan cara berpikir yang sistematis, komprehensif, dan tepat. Dengan demikian, penalaran merupakan cara berpikir yang tepat bagi mahasiswa yang mampu mempersiapkan dirinya menjadi manusia penganalisis. Setiap problem, baik dari diri sendiri maupun dari masyarakat, akan dapat dipecahkan bila seorang mahasiswa memiliki kemampuan berpikir analitik. Realisasi pembinaan bidang penalaran di antaranya dengan melakukan penelitian, mengikuti Lomba Inovasi dan Teknologi Mahasiswa (LITM), Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM), Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), jurnalistik, Debat Bahasa Inggris/National University Debate Championship (NUDC), KDMI, Olimpiade Matematika dan IPA Perguruan Tinggi (ON MIPA), Program Hibah Bina Desa (PHBD), Kompetisi Pemikiran Kritis Mahasiswa (KPKM), Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) dan Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI).

Bidang Olahraga berkonsentrasi pada peningkatan mutu pembinaan minat dan kegemaran mahasiswa dalam bidang olah raga. Tujuannya, agar dapat mengembangkan kemampuan berorganisasi , kepemimpinan, kesehatan jiwa dan kesegaran jasmani, sportivitas, kedisiplinan, dan pencapaian prestasi dalam berbagai cabang olahraga dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS).

Bidang Seni berkonsentrasi pada peningkatan mutu pembinaan dalam dunia seni dan menyalurkan minat dan kegemaran mahasiswa di bidang seni, memotivasi aspirasi, kreativitas, dan kecintaan terhadap seni budaya bangsa dan berbagai budaya bangsa lain. Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Nasional (PEKSIMINAS), Festival Film Mahasiswa Indonesia (FFMI).

Bidang Kesejahteraan/Khusus berkonsentrasi pada peningkatan mutu permbinaan kesejahteraan mahasiswa yang meliputi dua kegiatan (a) pembinaan kesejahteraan mahasiswa melalui layanan beasiswa, bursa kerja khusus, kerohanian, bimbingan dan konseling, dan koperasi dan (b) pembinaan kewirausahaan Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI), Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI), Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN), Pentas Paduan Suara Gerejawi (PESPARAWI).

Sementara itu, kegiatan khusus mahasiswa bertujuan untuk menumbuhkembangkan kesadaran berbangsa dan bernegara serta kecintaan terhadap tanah air dan sesama.

                Masing – masing bidang kegiatan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Bidang Penalaran
  • Bidang Seni
    • UKM Seni dan Budaya
    • UKM Padua Suara Mahasiswa CELESTA SYMPHONY CHOIR 
  • Bidang Olahraga
    • UKM Olah Raga
    • UKM Pecinta Alam Lacdaz
  • Bidang Kesejahteraan
    • UKM Islam
    • UKM Kristiani
    • UKM Kopma 
  • Bidang Khusus
  • UKM Pramuka Racana RACANAYOGI PRAJA PARANG GARUDAGUGUS DEPAN 26.067-26.068
  • UKM Resimen Mahasiswa SATUAN 0935 “GARUDA SAKTI”
  • UKM Korps Suka Rela
  • UKM Granat

UKM PIK/GENRE

Category: Uncategorized

About the Author ()

Leave a Reply