Team PHBD 2018 Unwidha Klaten Tampil di Unisri Solo

September 19, 2018 | By | Reply More

Seminar yang bertemakan “Peningkatan Kualitas Pemberdayaan Masyarakat Menyonsong Revolusi Industri 4.0” dibuka oleh Rektor Unisri Surakarta, Prof. Dr Ir. Kapti Rahayu Kuswanto yang kemudian diikuti oleh paparan pemakalah utama Prof. Ir. Irfan Dwidya Prijambodo, M.Eng., PhD. selaku Direktur Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada. Dalam paparannya, Prof. Irfan menyinggung masih seringnya pengabdian masyarakat yang dilaksanakan dengan model hit and run. Padahal, semestinya program disusun bersama masyarakat berdasarkan permasalahan pokok yang dialami. Pada kesempatan kedua, Dr. Atris Suyantohadi, S.T.P., M.T. salah seorang pelaku abdimas dari Universitas Gadjah Mada menyajikan program Pekakekal terkait penggunaan aplikasi dalam meningkatkan pemasaran kedelai lokal.

Bersama lebih kurang 120 pemakalah yang mayoritas berprofesi sebagai dosen, Anita Agustina Fatmawati selaku ketua Tim PHBD memaparkan makalah dengan judul “Pendampingan Karang Taruna Desa Tegalmulyo Klaten dalam Proses Produksi, Pelatihan, dan Pementasan Alat Musik Gantil”. Makalah lengkap dapat diunduh di sini (https://osf.io/preprints/inarxiv/8xfq7/).
“Proses produksi, latihan bersama, hingga pementasan perdana alat musik Gantil selepas upacara peringatan HUT RI ke-73 menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan program ini”, tegas Anita. Dalam rangka meningkatkan popularitas Gantil dan Desa Tegalmulyo, telah diagendakan pementasan di lingkup kabupaten pada ajang Event Bersama Solo Raya pada 22 September 2018, festival seni di Kecamatan Delanggu pada 29 September 2018, pentas akhir pekan di Monumen Juang Klaten pada pertengahan Oktober 2018, serta Gora Swara Nusantara pada 27-28 Oktober 2018

Category: Tak Berkategori

About the Author ()

Leave a Reply